Cari Blog Ini

Maret 15, 2012

Banyak Pria Tak Bisa Menghamili Istrinya Karena Kena Varikokel

            Varikokel merupakan sakit nyeri testis pada kaum pria. Pada jaman sekarang penyakit varikokel ini banyak mengidap kaum pria, penyakit ini ada tingkatannya. Ada yang parah dan sedang, ada seorang pengidap varikokel yang bisa punya anak dan ada juga yang susah punya anak, ada yang bila lelah capek sedikit varikokel-nya kambuh sehingga terasa nyilu sakit di testis, bahkan ada yang bisa pingsan karena tidak bisa menahan sakitnya.

            Menurut dokter spesialis bedah di Rumah Sakit Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto, Jawa Tengah, Djalalludin, varikokel atau varicocele adalah pembengkakan pembuluh darah balik (vena) yang terdapat di scortum atau kantung buah pelir. Kelainan ini semacam varises yang membuat salah satu scortum (biasanya pada bagian kiri) berbeda ukuran dengan kantung sebelah kanan.

            Ia menambahkan banyak pria yang tak mengetahui dirinya menderita varikokel. Deteksi dini varikokel dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan di depan cermin dan melakukan teknik palpasi atau meraba sambil mengejan.

            "Bila ukurannya scortum tak sama serta ketika diraba ada semacam gumpalan pembuluh darah menyerupai cacing di scortum maka itulah tanda-tanda varikokel," kata dr Jalal.

Cek apakah anda mempunyai ciri dari varikokel :
  • Terasa ada kumpulan urat di testis, bisa bagian diatas telur atau dibawah telur. Ya intinya bila kantung testis dipegang seperti memegang sekumpulan cacing
  • Lakukan membuang udara melalui mulut tapi udara tidak keluar dari mulut dan hidung (seperti gerakan meniup balon), kemudian anda raba testis anda bila ada kumpulan urat seperti cacing, berarti anda ada varikokel
  • Terasa nyilu sakit pada testis anda, dengan rentan waktu yang tak menentu
  • Varikokel dapat mengakibatkan fertilitas, oleh karena itu bila anda mempunyai ciri salah satu dari varikokle diatas dan mengalami gangguan fertilitas mungkin anda menderita varikokel
Beberapa penyebab varikokel yang beredar dimasyarakat :
  1. Genetika alias keturunan
  2. Sering pake celana ketat
  3. Gelombang elektromagnet, bagi orang yang bekerja di tower GSM, berhubungan dengan reaksi nuklir, hal2 yang bertegangan tinggi
  4. Sering naik motor cowk, karena posisi testis nempel dengan tangki motor
  5. Stress berlebihan pada penderita
  6. Suhu daerah testis terlalu panas
  7. Daerah testis sering berkeringat

2 komentar:

  1. Setelah di periksa memang ada gumpalan /varikokel, cara mengobatinya gmn? Apakah Berpengaruh untuk program kehamilan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus dengan operasi, Gan; mugkin artikel ini bisa membantu.

      artikel :
      http://luvseks.blogspot.com/2011/03/mengenal-penyakit-varikokel-pada-pria.html

      Seperti halnya varises yang terdapat pada organ-organ tubuh lain, jalan terakhir yang mesti ditempuh untuk "menyelesaikan" masalah ini adalah operasi. Namun sebelum menempuh tindakan ini dokter akan memastikan dulu seberapa besar pengaruh varises tersebut pada kesuburan pria yang bersangkutan. Tindakan Operasi yang dilakukan untuk penderita varikokel biasanya sebagai berikut:

      ligasi tinggi vena spermatika interna secara Palomo melalui operasi terbuka atau bedah laparoskopi
      varikokelektomi cara Ivanisevich
      memasukkan bahan sklerosing ke dalam vena spermatika interna (embolisasi)

      Memang hambatan kesuburan pada pria umumnya baru terdeteksi setelah yang bersangkutan menikah sekian tahun namun tak kunjung dikaruniai momongan. Setelah menjalani pemeriksaan dengan saksama, barulah dapat diketahui kelainan yang menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah varises pada pria atau varikokel, istilah medisnya. Pada prinsipnya, varises adalah pelebaran pada katup-katup vena (pembuluh darah balik).

      Hapus